Hmm,,pernah ato sering gak siy denger orang ngomong “HARGAI UANG KECILMU..” perasaan siy sering denger..kirain itu istilah..eh pas dicari di om google, kok gak nemu yah??hmm..ya gpp lah..anggep ajah kalo kita sering denger itu..:D

Sering gak kamu menganggap remeh uang-uang kecilmu?ato dengan kata lain bisa dibilang salahsatunya uang receh kali yah..Misal, jajan di warung, kembalian 400 dengan pecahan 100-an 4 buah..hmm..gak kerasa kembalian kayaknya..:P Ato seringnya juga uang receh bekas kembalian dikumpulin di kamar di dalam sebuah tempat yang sanggup menampung berpuluh-puluh bahkan beratus-ratus uang recehmu…Dan ketika kamu bener-bener kepepet butuh uang, barulah teringat akan si kumpulan “receh” ini yang mendadak jd berharga..

Nah..hari ini pun si pipit iniy baru teringat akan si kumpulan “receh” yang mendadak jadi berharga iniy..Hari ini gw gak akan bisa membayar sebungkus nasi, ayam, dan tempe jika tanpa menemukan 200 rupiah di dompetku..Di saat-saat gw lupa membawa ATM yang biasanya mejeng di dalam dompet dan akhirnya menggunakan sisa uang seadanya ketika hendak mengisi perut yang udah keroncongan ini..dan ketika si mas-mas penjual itu berkata,”Semuanya 8500 mbak…” Dan si saiahpun mulai membuka dompet dengan pedenya..pas dibuka..”Eeeehh,,stock uangku lg menipis ternyata”.  Yap dan mulailah perjuanganku mengais-ngais isi dompet..5000 pertama …(Bisa bernafas agak tenang) … kemudian 2000 (Yap..saya mulai belajar berhitung 5000+2000=7000)…Selanjutnya 1000 (Rasanya ingin loncat-loncat kegirangan nemuin niy duit)…yap dan disinilah saiah mulai deg-deg’an..tinggal 500 lagi saudara-saudara..saya pasti bisa menemukannya..buka sebelah sini..nihil..buka sebelah sana..kosong..AAGGHHH!!!sayapun pantang menyerah,,dompet terus dikodok2..Alhamdulillah…ketemu receh di selipan2 dompet…dan itu jumlahnya 300 rupiah,..500-300??masih kurang 200!!!Si mas-mas mulai melihat saya gelisah,,nanya,”Knapa mbak?besok aja kalo gak ada..” He…*senyum 1 senti kiri, 2 senti kanan saya keluarkan (alias senyum sungging) sambil berkata,,”Bentar mas,,ada kookk..” Yak..saya tersenyum melihat celana saya bersaku hari ini..Dan usaha rogoh sakupun ternyata membuahkan hasil..200 rupiah saya temukan di dalam saku…Tuhan memang baiikkk!!!:D Disinipun saya menghargai si receh ini..tanpa dia mungkin aku akan berhutang pada si mas-mas iniy..

Sepulangnya dari makan, tiba-tiba ada suara di dekatku,”Neng,,100 ajah neng..Ibu belum makan neng..” Daaarr..semua perasaan gembiraku tadi hilang semua..Aku??baru menghargai 200 rupiah tadi barusan..ketika aku tidak bisa membayar nasi, ayam dan tempeku siang ini..Sedangkan Ibu ini??1 buah uang receh 100 rupiahpun sangat berharga untuk beliau..

Huuufttt…

Tanpa 10.000, 90.000 tidak akan menjadi 100.000

Tanpa 1.000, 9.000 pun tidak akan menjadi 10.000

Dan bahkan tanpa 100, 900 pun tidak akan menjadi 1.000

Jadi..mari kita lebih hargai uang kecil kita..jika kita kurang membutuhkannya, mungkin lebih baik berikan kepada yang membutuhkannya..masih banyak orang-orang di luar sana yang lebih membutuhkan dan menghargai uang kecil itu..=)

Kembali Ke HOME

